Kamis, 27 Oktober 2011

Kebun Raya Bedugul


TABANAN- Kebun Raya Bedugul masih menjadi tujuan favorit wisatawan nusantara saat mengisi hari libur panjang "Long Weekend" karena selain memiliki hawa sejuk dan keindahan tanaman juga  menyediakan sarana bermain bagi keluarga.

Berdasar pantauan di obyek wisata yang dirintis semasa Presiden RI I Soekarno itu, sejak pagi pengunjung hilir mudik baik secara rombongan maupun perorangan. Lokasi parkir yang berada di sisi kanan di luar areal kebun raya, nampak disesaki kendaraan roda dua hingga bus-bus pariwisata.

Di loket pintu masuk kebun raya, warga dan ratusan pelajar diantar guru-guru mereka terlihat berjubel saat hendak membayar tiket Rp7 ribu perorangnya.

Suasana yang asri dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama untuk bermain atau sekedar duduk-duduk di sekitar taman hijau yang terbentang luas di areal seluas 157,5 hektare.

"Biasanya kalau libur panjang seperti hari ini, pengunjung cukup ramai didominasi wisatawan domestik," ujar Kepala UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya "Eka Raya" Bali-LIPI, Bedugul, I Wayan Lugrayasa.

Salah satu strategi untuk mendongkrak kunjungan disamping menjalankan fungsi pendidikan, pihaknya melakukan kerja sama dengan 103 sekolah di Denpasar, Badung, Tabanan dan Gianyar.

Bahkan bagi pengunjung rombongan pelajar, bisa mendapat diskon khusus. Untuk anak TK, cukup membayar 50 persen dari harga tiket normal sementara untuk pelajar tingkat SD hingga Mahasiswa mendapat diskon 25 persen.

Salah seorang guru di SMP Kuta Selatan, I Wayan Puja mengaku datang bersama ratusan pelajar untuk mengisi acara pelapasan kelas 9. "Anak-anak sudah sering ke pantai, sekarang kami ajak ke Kebun Raya Bedugul untuk acara perpisahan, suasana sejuk dan segar, anak-anak merasa senang ke sini," katanya ditemui terpisah.

Para pengunjung selain berjalan menyusuri taman-teman tempat aneka jenis spesies tanaman langka hingga tanaman untuk obat-obatan, juga memanfaatkan ruang terbuka hijau untuk kegiatan outbound. Bagi anak-anak bisa mengekspresikan diri bermain dengan teman-temannya serta ada pula yang menyanyi bersama-sama.

Wisatawan bisa melihat koleksi tanaman Kaktus yang biasanya tumbuh di belahan dunia seperti Mexico, hingga Jerman. Jika masih kuat berjalan kaki bisa menikati keindahan koleksi Anggrek baik asal Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Kebun Raya Bedugul juga menjadi salah satu  objek daya tarik wisata andalan Kabupaten Tabanan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tabanan I Wayan Diasa menegaskan, Kebun Raya Bedugul merupakan salah satu dari lima objek wisata andalan kabupaten Tabanan.

"Ada 26 objek daya tarik wisata di kabupaten Tabanan, dan Kebun Raya Bedugul termasuk salah satu andalan utama kami," tegasnya.

Hanya saja, meski terdapat kekayaan sumber daya alam tak ternilai yang tersimpan di Kebun Raya Bedugul ini, ternyata masyarakat belum bisa memanfaatkan obyek wisata ini untuk kepentingan pendidikan, penelitian.

"Sebagian besar pengunjung yang datang lebih banyak yang berwisata, sangat sedikit yang melakukan untuk kegiatan pendidikan atau penelitian," imbuh Lugrayasa.

1 komentar: